Senin, 07 Juli 2008

MengapaMadu Van Dhanu Menggunakan Madu Asli 100% Murni?

Pada Konferensi Apikultur Sedunia (World Apiculture Conference) yang diselenggarakan pada tanggal 20-26 September 1993 di Cina, ditemukan fakta ilmiah tentang manfaat yang luar biasa pada madu asli 100% murni. Para Ilmuwan Amerika mengatakan bahwa madu asli 100% murni, royal jelly dan bee pollen dapat mengobati berbagai macam penyakit. Bahkan seorang dokter asal Rumania mengatakan bahwa dia mencoba menggunakan madu asli 100% murni untuk mengobati pasien katarak dan 2002 dari 2094 pasiennya sembuh total.
Penelitian Peter C. Molan (1992), peneliti dari Departement of Biological Sciences, University of Waikoto, di Hamilton, Selandia Baru membuktikan bahwa madu asli 100% murni mengandung zat antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai patogen penyebab penyakit. Beberapa penyakit infeksi berbagai patogen yang dapat “disembuhkan” dan dihambat dengan (minum) madu asli 100% murni secara teratur antara lain penyakit lambung dan saluran pencernaan; penyakit kulit, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA),batuk dan demam; penyakit jantung, hati, dan paru; penyakit-penyakit yang dapat mengganggu mata, telinga, dan syaraf.
Berdasarkan hasil penelitian Kamaruddin (1997), peneliti dari Departement of Biochemistry, Faculty of Medicine, Universiti of Malaya, di Kualalumpur paling tidak ada empat faktor yang bertanggung jawab terhadap aktivitas antibakteri pada madu asli 100% murni. Pertama, kadar gula madu yang tinggi akan menghambat pertumbuhan bakteri sehingga bakteri tersebut tidak dapat hidup dan berkembang. Kedua, tingkat keasaman madu yang tinggi (pH 3.65) akan mengurangi pertumbuhan dan daya hidupnya sehingga bakteri tersebut merana atau mati. Ketiga adanya senyawa radikal hidrogen peroksida yang bersifat dapat membunuh mikroorganisme patogen. Dan keempat adanya senyawa organik yang bersifat antibakteri.
Senyawa organik tersebut tipenya bermacam-macam. Yang telah teridentifikasi antara lain seperti polyphenol, flavonoid, dan glikosida.

Tidak ada komentar:

peluang usaha